Kesuksesan yang Hakiki tidak Bersumber dari Asumsi dan Manipulasi

  • 2 min read
  • Mar 07, 2021

Kesuksesan Anda di masa depan ditentukan oleh keputusan-keputusan yang Anda ciptakan. Sayangnya, banyak orang yang mengambil keputusan hanya berdasarkan asumsi.

Mengambil keputusan berdasarkan asumsi tentu merupakan hal yang berbahaya karena dapat berujung pada keputusan yang salah. Idealnya, sebuah keputusan harus dibuat berdasarkan informasi yang didapatkan.

Semakin banyak informasi yang Anda dapatkan, semakin baik pula keputusan yang akan Anda buat. Tapi sayangnya, hal ini juga tidak selalu menjamin tepat atau tidaknya keputusan yang akan Anda buat.
Kadang kala, keputusan yang dibuat berdasarkan naluri lebih efektif dan lebih berhasil dibandingkan mengikuti data yang ada.

Lalu, bagaimana seharusnya Anda mengambil sebuah keputusan agar Anda memperoleh kesuksesan yang berkelanjutan dan jangka panjang? Jawabannya sederhana, temukan dan mulailah dengan alasan yang tepat.

Selain berasumsi, banyak orang mengambil keputusan yang salah dengan melakukan berbagai strategi.

Dalam dunia bisnis contohnya, perusahaan melakukan berbagai cara untuk meningkatkan transaksi seperti menurunkan harga, melakukan promosi, memanfaatkan ketakutan pelanggan, memberikan janji, menekan melalui kelompok dan menciptakan produk baru.

Di sisi internal, perusahaan juga menawarkan bonus bagi para karyawannya untuk meningkatkan kinerja mereka.

Strategi yang digunakan tersebut merupakan sebuah bentuk manipulasi yang hanya bertahan dalam waktu singkat.

Strategi ini memang efektif jika digunakan untuk menciptakan keuntungan jangka pendek. Namun, tidak efektif jika tujuan besar perusahaan Anda adalah kesetiaan dari pelanggan dan karyawan.

Strategi ini tidak dapat memotivasi pelanggan Anda untuk tetap berbisnis dengan Anda karena akan ada perusahaan lain yang dapat melakukan hal yang sama dengan Anda.

Hal itu pun juga tidak dapat menginspirasi karyawan agar tetap loyal dengan perusahaan Anda jika ada perusahaan lain yang menawarkan keuntungan materi yang sama bahkan lebih dari perusahaan Anda.

Untuk memperoleh kesetiaan pelanggan dan karyawan, Anda membutuhkan hal lain yang lebih besar daripada itu. Sesuatu yang tidak berupa manipulasi, melainkan sesuatu yang bisa memotivasi dan menginspirasi.

Anda harus menemukan sebuah alasan MENGAPA orang-orang mau melakukan sesuatu bahkan tanpa adanya hukuman dan imbalan. Sebuah ALASAN yang mengandung nilai yang mampu menginspirasi orang lain.

Try Again